Profil Dr Taufikurahman

22 Jul

Dr Taufikurahman dilahirkan tanggal 13 September 1961. Hidup berbahagia dengan seorang istri bernama Ir. Nurani Esti Lestari dan telah dikaruniai 4 putri dan 1 putra ini memiliki banyak sekali aktifitas. Selain profesinya sebagai dosen ITB yang ditekuni sejak tahun 1986, Taufikurahman bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Biologi ITB (kini Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB).

Beliau mempunyai keprihatinan yang mendalam menyaksikan berbagai masalah Kota Bandung akibat perkembangan kota yang semakin semrawut. Kemerosotan kualitas lingkungan perkotaan yang terjadi secara beruntun, banyaknya sampah yang tak tertangani, infrastruktur yang semakin tidak memadai dan tidak manusiawi bahkan rusak parah adalah fenomena nyata yang dapat dilihat sehari-hari di kota ini.

Selain itu, meningkatnya jumlah anak putus sekolah, pengangguran, jumlah warga miskin dan anak jalanan serta belum adanya pemihakan yang nyata terhadap fasilitas/sarana dan prasarana warga termarjinalkan seperti pasar tradisional menjadikannya bertekad untuk membangkitkan semangat melakukan perubahan di Kota Bandung ini melalui momentum peringatan 100 tahun kebangkitan nasional.

Sejak tahun 1980 Taufikurahman muda telah menjalani kehidupan sehari-hari di Kota Bandung dimana ia menyelesaikan kuliah dan menyandang gelar sarjana dari jurusan Biologi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia pun meneruskan pendidikan master di ITB dan lulus tahun 1987 dan sejenak meninggalkan Kota Bandung untuk menempuh jenjang pendidikan doktor di University College of Swansea, Inggris dan menamatkannya pada tahun 1993.

Diantara kesibukannya yang lain, ia bersama-sama dengan beberapa aktivis lingkungan mendirikan LSM Greenlife Society dan menjadi direkturnya hingga sekarang. Selain itu ia menjadi ketua Asosiasi Akademisi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia, disingkat ASASI yang dideklarasikan di Bandung pada tanggal 1 oktober 2005 oleh 42 orang pendiri yang merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ia pun menjadi ketua program Pembinaan Sumberdaya Manusia Strategis (PPSDMS) regional II Bandung yang memiliki motto Creates Future Leaders. Di sela-sela semua kesibukan itu, ia juga menjadi pengasuh dan pengawas Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB yang beranggotakan 3500 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan ITB, Politeknik Manufaktur dan Politeknik Bandung. Koperasi Keluarga Pegawai ITB ini tahun lalu dianugerahi sebagai Koperasi terbaik di Indonesia.

Integritas moral yang teruji, dedikasi yang tinggi, bersih, peduli dan profesional dinilai oleh DPD PKS Kota Bandung ada pada diri Dr. Taufikurahman. Oleh karena itu, bertepatan dengan peringatan 100 tahun hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2008 lalu, DPD PKS Kota Bandung mengusung Dr. Taufikurahman menjadi bakal calon Wali Kota Bandung periode 2008-2013.

Keluarga Dr. Taufikurahman

Sebuah pepatah mengatakan wanita adalah tiang negara. Memang ada benarnya, karena dibalik ke

suksesan seorang laki-laki pastilah ada seorang wanita yang hebat disampingnya. Setidaknya, pepatah ini juga menggambarkan keluarga Dr. Taufikurahman.

Dr Taufikurahman menikahi Ir. Nurani Esti Lestari pada tahun 1986. Ir Nurani Esti, kelahiran Februari 1961 ini lebih akrab dipanggil Bu Nunu. Wanita yang ramah dan keibuan ini merupakan lulusan Gizi Masy

arakat Institut Pertanian Bogor (IPB). Allah mengkaruniakan 5 orang anak kepada pasangan intelektual ini. Mereka adalah Khairani L. Imania (Desain Produk ITB 2005), Sakina Fathiani (FSRD ITB 2007), Iffah Dieni Haniefa (kelas 2 SMP 14 Bandung), Shafa Inayah (SDN Ciujung, kelas 4), Muhammad Izzudin Al Fatih (SDN Ciujung, kelas 1).

Sebelum menikah, Bu Nunu bekerja di Semarang. Akhirnya beliau memilih mendampingi Pak Taufik k

uliah di Inggris. Menjadi ibu rumah tangga yang senantiasa mendampingi Pak Taufik dan mendidik anak-anaknya beliau jalani dengan baik. Di samping itu beliau juga aktif di masyarakat. Saat ini beliau menjabat Ketua PD Ormas SALIMAH Kota Bandung. Melalui SALIMAH, beliau merangkul ibu-ibu majelis ta’lim untuk lebih peduli terhadap masa depan anak dan keluarga.

Pak Taufik dan Bu Nunu, dua sosok yang senang berkontribusi di masyarakat, akan tetapi tidak

pernah melupakan keluarganya. Bahkan, di sela-sela kesibukannya beliau tidak lupa mengajak keluarganya untuk menikmati keindahan alam Bandung atau sekedar belanja bersama anak-anaknya.

Ketika PKS memutuskan Pak Taufik menjadi calon Walikota, tentu bukan hal ya

ng sederhana bagi Bu Nunu. Secara tidak langsung, kesibukan beliau bertambah. Di sisi lain, beliau harus senantiasa menjaga anak-anaknya dan menguatkan Pak Taufik untuk senantiasa memegang komitmennya untuk berkonntribusi kepada masyarakat secara tulus dan utuh. Dalam kunjungannya ke berbagai tempat beliau seringkali meminta kepada ibu-ibu ynag ditemuinya: “Jika Pak Taufik nanti terpilih menjadi walikota, ingatkan saya agar saya mengingatkan Pak Taufik untuk tidak ko

rupsi.

Yah, itulah gambaran keluarga Pak Taufik yang harmonis, s

aling mendukung dan senantiasa saling mengingatkan dalam kebaikan. Perubahan memang harus dimulai dari keluarga. Insya Allah pemimpin yang berasal dari keluarga yang harmonis, adalah pemimpin yang bersih dan akan senantiasa mengayomi masyarakat.

2 Responses to “Profil Dr Taufikurahman”

  1. sariyusriati July 23, 2008 at 1:04 pm #

    dicopy dari http://www.taufikurahman.com

  2. Allanize August 3, 2008 at 3:03 pm #

    oi oi

    kenapa sih para akhwat banyak yang memilih orang ini,
    dugaan sementara gw

    1. beliau ganteng, tampang alim
    2. emang alim mungkin
    3. dosen ITB, jadi akhwat itb banyak yang milih dia
    4. dari pks, makanya banyak akhwat pks yang milih
    5. para akhwat itb cuma tau dia doank yang nyalon hehe

    kampanye oh kampanye…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: