Israeli airstrikes and tanks still attack Gaza

17 Jan


Hari keduapuluh agresi Israel ke Gaza, 1038 gugur dan 4850 luka-luka. Setengahnya adalah warga sipil, wanita dan anak-anak. Walaupun begitu Israel terus melancarkan serangnnya. Bahkan perdana mentri Israel, Ehud  Olmert mengatakan tidak akan mengehentikan serangannya ke Gaza. Avigdor Liebermen, pemimpin dari partai oposisi sayap kanan Israel meyarankan untuk menggunakan bom nuklir untuk menghancurkan Gaza.

Tanggal 1 Januari lalu, gurubesar fiqh di Palestina dan salah satu pemimpin Hamas, Dr Nazar Rayyan, tewas karena rudal-rudal Israel. Dan 16 Januari ini, Israel baru saja membunuh pemimpin senior ketiga di Hamas, yang bernama Saeed Sam, seperti yang dilansir Tempo.

Tidak perlu disebutkan semua, kita sudah tahu kekejaman Israel. Bahkan militer Israel menambah pesawat F-16 nya untuk serangan dari udara. M4A1 assault rifle, the F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, AH-64 Apache dan AH-1 Cobra milik Israel adalah buatan Amerika.

Israel pun diduga memakai fosfor putih dalam agresinya. Padahal menurut konvensi Jenewa, penggunaan fosfor putih sudah dilarang dalam perang di wilayah penduduk sipil. Para petugas medis Palestina di Khan Younis menuding Israel memuntahkan bom fosfor di Khouza. Seorang perempuan tewas dan 60 lainnya menghirup gas berbahaya itu sehingga tubuh mereka terbakar. Kelompok Human Right Watch mengatakan para penelitinya menemukan adanya penggunaan fosfor putih pada 9 dan 10 Januari di kota Gaza dan kamp pengungsi Jabaliya.

Kecaman dari berbagai pihak terus berdatangan mengutuk perbuatan Israel yang dinilai terlalu berlebihan. Namun tentara-tentara Israel tetap saja menggempur Gaza. PBB pun tak berkutik, dewan keamanan PBB gagal serukan gencatan senjata di Gaza karena keberatan Amerika Serikat dan Inggris.

Indonesia sebagai negara yang menjunjung kemerderdekaan sebagai hak segala bangsa, dan menghapuskan segala bentuk penjajahan di dunia, sudah seharusnya ikut membantu Palestina. Terlepas dari konflik politik di Palestina, tindakan Israel memang sudah sangat keterlaluan.  Berbagai aksi solidaritas pun terjadi di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Pergerakan masyarakat akan berujung pada sikap pemerintah.

Israel Melanggar Konvensi Jenewa

Konvensi Jenewa berisi peraturan-peraturan mengenai persengketaan dan peperangan, yang dilaksanakan di Jenewa, Swiss pada tahun 1949.

Pada konvensi Jenewa pasal 3 ayat 1 :

Orang-orang yang tidak turut serta aktip dalam sengketa itu, termasuk anggota angkatan perang yang telah meletakkan senjata-senjata mereka serta mereka yang tidak lagi turut serta (hors de combat) karena sakit, luka-luka, penahanan atau sebab lain apapun, dalam keadaan bagaimanapun harus  diperlakukan dengan kemanusiaan, tanpa perbedaan merugikan apapun juga yang didasarkan atas suku, warna kulit, agama atau kepercayaan, kelamin, keturunan atau kekayaan, atau setiap kriteria lainnya serupa itu. Untuk maksud ini, maka tindakan-tindakan berikut dilarang dan tetap akan dilarang untuk dilakukan terhadap orang-orang tersebut diatas pada waktu dan ditempat apapun juga :

tindakan kekerasan atas jiwa dan raga, terutama setiap macam pembunuhan, pengudungan, perlakuan kejam dan penganiayaan; “

Terlihat jelas dalam pasal diatas bahwa warga sipil yang tidak turut dalam persengketaan harus diperlakukan secara kemanusiaan. Namun, kenyataannya dari korban tewas hampir 1000 banyak yang merupakan warga sipil, bahkan wanita dan anak-anak.

Pasal 12 :

Anggota angkatan perang dan orang-orang lain yang disebut dalam Pasal berikut, yang luka atau sakit wajib dihormati dan dilindungi dalam segala keadaan.

Mereka wajib diperlakukan secara perikemanusiaan dan dirawat…”

Pasal 19 :

Bangunan-bangunan tetap dan kesatuan kesehatan bergerak dari Dinas Kesehatan dalam keadaan apapun tidak boleh diserang,tetapi selalu harus dihormati dan dilindungi…”

Pasal 21 :

Perlindungan dari serangan yang merupakan hak dari bangunan-bangunan tetap dan kesatuan-kesatuan kesehatan bergerak dari dinas kesehatan…”

Dari tiga pasal diatas, menunjukkan bahwa anggota perang yang sakit dan luka-luka harus mengalami perlindungan. Rumah sakit harus dilindungi agar tetap bisa menolong korban perang yang terluka. Namun faktanya Israel dengan sengaja menghancurkan rumah sakit.

Israel Melanggar Konvensi Hak Anak

Konvensi Hak Anak ini merupakan peraturan yang berlaku di seluruh dunia, telah disahkan oleh PBB pada tahun 1989.

Dalam pasal 22 :

“Ketika ada bencana alam atau kekacauan, dan terpaksa menjadi pengungsi, anak-anak berhak memperoleh perlindungan dan bantuan kemanusiaan.”

Pasal 39 :

“Dalam perang, anak-anak paling sering menjadi korban, maka mereka harus dilindungi dan dirawat.”

Dari dua pasal diatas dikatakan bahwa anak-anak harus dilindungi walau dalam keadaan perang sekalipun. Namun, Israel tetap menyerang anak-anak dan menakut-nakuti mereka ketika akan pergi ke sekolah.

Agresi Israel sudah sangat keterlaluan. Resolusi 1860 Dewan Keamanan PBB memang tidak terlalu jelas karena tidak ada sanksi dan tenggat waktu sehingga Israel dan Hamas menghentikan serangan. Konflik ini terjadi karena kearoganan Israel yang tidak mengakui hak hidup orang lain.

Israel memang sudah sangat sulit untuk dihentikan. Yang bisa kita lakukan adalah dengan menghambat pasokan senjata Israel sehingga mereka tidak bisa lagi menyerang dan memberikan donasi serta doa untuk rakyat Palestina.

Bantuan dan donasi juga dapat disalurkan melalui Departemen Pengabdian Masyarakat Kabinet KM ITB, ke :

Bank Muamalat, no rek : 919.31692.99 an. Oka Mahendra

Menghambat pasokan senjata Israel harus dilakukan secara massif, tidak bisa dilakukan secara personal. Boikot produk-produk yang mendanai Israel, seperti nike, McDonalds, etc. Walaupun kita tidak tahu seberapa besar pengaruh kita, tapi setidaknya kita telah berusaha untuk menyelamatkan saudara-saudara kita di Palestina.

produk-israel

One Response to “Israeli airstrikes and tanks still attack Gaza”

  1. andrenia September 2, 2009 at 3:15 am #

    jadi kalau nggak ada intel gimana dong komputernya………,……..,………nggak bisa ngeproses program kannnnnnnnnnnnnnnn gimana jadddddddddddddiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: