Perawatan Tempat Tidur

24 Oct

Ketika pertama kali membeli kasur, yang jadi perhatian saya adalah kasur yang berlabel ‘bebas tungau’. Karena kulit saya yang sensitif jadi akan langsung bentol merah dan bersin-bersin (hal ini sering terjadi ketika saya menginap di hotel). Kasur tipe ini sebenarnya tidak bebas tungau sepenuhnya, hanya saja pori-porinya lebih kecil jika dibanding kasur biasa sehingga memperkecil kemungkinan tungau untuk menetap.
Perawatan tempat tidur yang saya lakukan :
1. Mengganti sprei+ sarung bantal dan guling seminggu sekali
Pada sprei pastilah terdapat banyak kotoran-kotoran yang menempel. Sisa keringat siang harinya, apalagi jika sebelum tidur malas mandi dan cuci kaki. Sarung bantal dan guling apalagi, kepala yang berkeringat menempel di bantal, ditambah cuaca panas pada malam hari. Setidaknya kotoran, kuman, jamur seminggu yang lalu telah bersih.
2. Menjemur bantal & guling minimal seminggu sekali.
Jika hari sedang panas, saya akan jemur setiap hari minimal sejam. Jangan lupa ‘dipukul-pukul’ agar debu-debu nya keluar. Debu-debu itu merupakan tungau dan kotorannya. Sebaiknya kasur juga dijemur, tapi berat, saya ga kuat ngangkat sendiri😛 jadi saya akan buka jendela dan pintu lebar-lebar agar sinar matahari masuk menyinari kasur.
3. Menggunakan hair-dryer pada kasur
Sebenarnya sama dengan menjemur, intinya untuk membunuh tungau-tungau pada kasur dengan panas.
4. Mencuci bantal dan guling
Mencuci sarungnya sering, tapi mencuci bantalnya? Biasanya saya lakukan hanya sebulan sekali, atau bahkan 2 bulan sekali😛
Untuk mencuci bantal, biasanya sudah ada petunjuknya di bantalnya. Misalnya saya menggunakan bantal dacron, jika ingin dicuci menggunakan air panas dan dengan putaran lembut.

Selain itu terapkan kebiasaan mencuci kaki sebelum naik ke tempat tidur, atau sediakan keset disamping tempat tidur agar tidak repot. Setelah pulang kerja jangan langsung tidur, mandi dulu (susah bgt menerapkan yg ini pada si Abang -_-).

One Response to “Perawatan Tempat Tidur”

  1. blog sehat February 16, 2014 at 11:21 pm #

    menjemur kasur atau tempat tidur secara berkala merupakan salah satu bentuk pecegahan dari serangan berbagai penyakit atau virus dan bakteri. trims🙂

Leave a Reply

